Tautan-tautan Akses

PM Rumania Pecat Menlu karena Hina Demonstran


Menteri Luar Negeri Rumania, Teodor Baconschi harus kehilangan jabatan akibat tulisannya di blog internet.

Menteri Luar Negeri Rumania, Teodor Baconschi harus kehilangan jabatan akibat tulisannya di blog internet.

Menlu Rumania, Teodor Baconschi dipecat karena menyebut pengunjuk rasa di blog internet sebagai "kalangan kumuh yang keras dan tidak tahu apa-apa."

Perdana Menteri Rumania Emil Boc telah memecat menteri luar negerinya karena mengeluarkan komentar yang menghina pengunjuk rasa anti-pemerintah, yang turun ke jalan untuk memprotes pemotongan anggaran dan langkah-langkah penghematan lainnya.

Menteri Luar Negeri Teodor Baconschi menulis di blog internet pekan lalu bahwa orang Rumania yang bekerja untuk hidup yang akan menentukan masa depan negara, bukan "kalangan kumuh yang keras dan tidak tahu apa-apa."

Dalam pidato kepada parlemen Senin, PM Boc minta maaf kepada negara dan mengatakan dia memecat Baconschi karena pernyataan yang tidak pantas itu.

Komentar menteri luar negeri itu menyebabkan kemarahan, tetapi beberapa pemimpin oposisi mengatakan pemecatan itu tidak cukup.

Ribuan demonstran berkumpul di ibukota, Bucharest, selama 10 hari terakhir untuk menyuarakan kemarahan mereka pada pemerintah Presiden Traian Basescu atas langkah-langkah penghematan dan meminta pemilihan dini.

Meskipun protes sebagian besar berjalan dengan damai, beberapa bentrokan antara demonstran dan polisi telah berubah menjadi kekerasan.

Pemotongan anggaran itu diperlukan sebagai bagian dari pinjaman miliaran dolar dari Bank Dunia, Uni Eropa dan Dana Moneter Internasional.

XS
SM
MD
LG