Tautan-tautan Akses

PM Republik Afrika Tengah Sambut Pasukan Uni Eropa


Perdana Menteri Republik Afrika Tengah Andre Nzapayeke di Bangui (28/1).

Perdana Menteri Republik Afrika Tengah Andre Nzapayeke di Bangui (28/1).

Perdana Menteri sementara Republik Afrika Tengah (CAR) Andre Nzapayeke menyambut gembira persetujuan Dewan Keamanan PBB yang mengizinkan rencana pengerahan sekitar 500 tentara Eropa di negara itu.

Pasukan tambahan DK PBB akan bergabung dengan pasukan Perancis dan pasukan Afrika yang telah ditempatkan di CAR, untuk membantu mengatasi apa yang disebut dewan itu “situasi keamanan yang terus memburuk.”

Nzapayeke mengatakan kepada VOA, Rabu (29/1), kekerasan telah menjadi masalah dan diperlukan waktu untuk mengatasi krisis tersebut.

Ia mengatakan, ada kebutuhan untuk membangun kembali negara itu, dengan menyerukan "Marshall Plan" untuk CAR, mengacu pada prakarsa bantuan Amerika untuk membantu membangun kembali Eropa setelah Perang Dunia Kedua.

Ia juga berusaha meyakinkan mereka yang mengecam kabinetnya dengan menyertakan perwakilan kelompok pemberontak Muslim Seleka dan milisi Kristen -- yang dikenal sebagai anti-balaka -- dalam kabinetnya. Nzapayeke mengatakan bahwa semua menterinya bekerja untuk membangun CAR.
XS
SM
MD
LG