Tautan-tautan Akses

PM Polandia: Laporan Rusia soal Kecelakaan Pesawat ‘Tak Dapat Diterima’


Presiden Polandia, Lech Kaczynski dan 95 lainnya tewas dalam kecelakaan pesawat di Rusia, 10 April 2010.

Presiden Polandia, Lech Kaczynski dan 95 lainnya tewas dalam kecelakaan pesawat di Rusia, 10 April 2010.

Rusia mengeluarkan laporan mengenai kecelakaan pesawat terbang di Smolenks yang menewaskan Presiden Polandia Lech Kaczynski, 10 April 2010.

Perdana Menteri Polandia Donald Tusk mengatakan sebuah laporan Rusia tentang kecelakaan udara bulan April yang menewaskan Presiden Polandia “tidak dapat diterima”.

Baik Polandia maupun Rusia telah menyelidiki kecelakaan pesawat terbang Polandia akibat kabut tebal di Smolenks – Rusia, 10 April lalu. Kecelakaan tersebut menewaskan Presiden Polandia Lech Kaczynski dan 95 lainnya.

Perdana Menteri Polandia Donald Tusk berbicara di sela-sela KTT Eropa di Brussels hari Jumat, yang mengatakan bahwa laporan Rusia mengandung berbagai kekeliruan dan gagal memperhitungkan saran Polandia tentang penyelidikan tersebut.

Perdana Menteri Donald Tusk tidak mengungkapkan rincian laporan Rusia tersebut, tetapi mengatakan berbagai kekurangan laporan itu menghasilkan kesimpulan yang tidak berdasar.

Laporan-laporan media Polandia mengatakan para penyelidik Rusia terutama menyalahkan sang pilot karena memutuskan untuk mendaratkan pesawat di tengah kabut tebal. Tetapi beberapa penyelidik di Polandia mengatakan, staf bandara Rusia juga membuat kesalahan yang sama.

Presiden Kaczynski, istri dan orang-orang lainnya sedang dalam penerbangan untuk menghadiri acara memperingati pembunuhan masal dimana lebih dari 20 ribu pejabat Polandia dieksekusi oleh polisi rahasia Uni Sovyet.

XS
SM
MD
LG