Tautan-tautan Akses

PM Pakistan Desak AS Hentikan Serangan Pesawat Tanpa Awak


PM Pakistan Nawaz Sharif memberikan pidato di US Institute of Peace di Washington DC hari Selasa (22/10).

PM Pakistan Nawaz Sharif memberikan pidato di US Institute of Peace di Washington DC hari Selasa (22/10).

Perdana Menteri Pakistan Nawaz Sharif mengulangi tuntutan negaranya bagi diakhirinya berbagai serangan pesawat tanpa awak Amerika di wilayah Pakistan.

Dalam pidato hari Selasa di US Institute of Peace di Washington, Sharif mengatakan ia ingin melihat hubungan Amerika-Pakistan membaik, ”tetapi isu pesawat tanpa awak itu telah menjadi gangguan utama dalam hubungan bilateral kita,” ujar PM Sharif.

Pernyataannya dikemukakan sementara kelompok HAM Amnesty International yang berbasis di Inggris menghimbau Amerika agar mengakhiri kerahasiaan operasi penggunaan pesawat tanpa awak di Pakistan.

Dalam laporan yang dirilis Selasa (22/10), Amnesty mengatakan Amerika “tampaknya telah melakukan pelanggaran HAM sangat serius” yang bahkan sama artinya dengan kejahatan perang.

Jurubicara Gedung Putih Jay Carney mengatakan Amerika membantah tegas klaim bahwa penggunaan pesawat tanpa awak melanggar hukum internasional.

Para pemimpin Pakistan mengatakan mereka menentang keras serangan pesawat tanpa awak, tetapi sebagian pengecam yakin operasi yang menarget para anggota al-Qaida dan Taliban itu adalah bagian dari perjanjian rahasia bahwa Pakistan diam-diam menyetujui serangan Amerika itu.
XS
SM
MD
LG