Tautan-tautan Akses

AS

Obama Akhiri Kunjungan di Afghanistan


Presiden AS Barack Obama menyapa pasukan Amerika di Lapangan Udara Bagram, sebelah utara Kabul, Afghanistan (25/5). (AP/Evan Vucci)

Presiden AS Barack Obama menyapa pasukan Amerika di Lapangan Udara Bagram, sebelah utara Kabul, Afghanistan (25/5). (AP/Evan Vucci)

Presiden AS Barack Obama berharap persetujuan keamanan Amerika-Afghanistan akan ditandatangani segera setelah presiden baru Afghanistan dilantik.

Presiden Amerika Barack Obama telah berangkat dari Afghanistan setelah kunjungan mendadak empat jam untuk menemui pasukan Amerika dalam libur akhir pekan Hari Pahlawan.

Berpidato Minggu malam (25/5) di lapangan terbang Bagram, Presiden mengatakan kepada pasukan Amerika ia berterima kasih atas pengabdian mereka. Ia menyebut mereka “pahlawan sebenarnya.”

Obama mengatakan mereka dalam waktu dekat akan menyelesaikan misi Amerika di Afghanistan dengan menewaskan banyak pemimpin al-Qaida di daerah-daerah suku terpencil, yang menghentikan momentum Taliban dan melindungi jiwa di tanah air dengan mencegah serangan dari daerah itu.

Ia juga mengatakan ia berharap persetujuan keamanan Amerika-Afghanistan akan ditandatangani segera setelah presiden baru Afghanistan dilantik.

Sebelum meninggalkan Afghanistan, Obama menelpon Presiden Hamid Karzai untuk memberi penghargaan atas kemajuan yang dicapai oleh pasukan keamanan dan keberhasilan pemilihan presiden putaran pertama, dan mengutarakan dukungan pada proses rekonsiliasi dengan Taliban.

Pasukan tempur internasional akan menyelesaikan penarikan mereka dari Afghanistan sebelum akhir tahun ini. Sebagian pasukan mungkin akan tinggal di negara itu setelah Desember 2014 untuk memegang peran pelatih dan penasihat, jika para pemimpin Afghanistan menyetujui persetujuan keamanan bilateral.
XS
SM
MD
LG