Tautan-tautan Akses

PM Mesir: Pemangkasan Bantuan AS akan Jadi Isyarat Buruk


PM sementara Mesir, Hazem el-Beblawi (Foto: dok)

PM sementara Mesir, Hazem el-Beblawi (Foto: dok)

Perdana menteri sementara Mesir mengatakan setiap tindakan pemerintah Amerika untuk memangkas bantuan militer bagi negara itu akan menjadi isyarat buruk.

PM Hazem el-Beblawi mengatakan kepada ABC News dalam sebuah wawancara yang ditayangkan Selasa malam bahwa berkurangnya pendanaan akan mempengaruhi militer Mesir untuk beberapa waktu. Namun, ia juga mengatakan, militer negara itu pernah bertahan sebelumnya selama beberapa dekade atas dukungan militer Rusia.

Beblawi mengatakan Mesir dan Amerika saling membutuhkan, seperti halnya negaranya memerlukan hubungan dengan negara-negara Eropa dan Asia.

Pernyataannya muncul sementara Amerika dan Uni Eropa sedang mengevaluasi bantuan keuangan bagi Mesir.

Dewan Urusan Luar Negeri Uni Eropa bertemu hari Rabu untuk membahas situasi di Mesir, satu hari setelah Presiden Amerika Barack Obama bertemu dengan kabinetnya untuk mengevaluasi paket bantuan tahunan Amerika senilai 1,5 miliar untuk Mesir.

Para pejabat Gedung Putih membantah, Selasa, bahwa bantuan telah dihentikan, dan mengatakan bahwa sebuah evaluasi yang diperintahkan Obama bulan lalu sedang berlangsung.
XS
SM
MD
LG