Tautan-tautan Akses

PM Maliki Perintahkan Menteri Perlistrikan Irak Mundur


Menteri Perlistrikan Irak, Raad Shalal

Menteri Perlistrikan Irak, Raad Shalal

Raad Shalal diperintahkan untuk mundur akibat ketidakwajaran dalam pemberian kontrak untuk meningkatkan suplai listrik di Irak.

Para pejabat Irak mengatakan, PM Nouri al-Maliki telah memerintahkan menteri perlistrikan negara itu untuk mundur karena telah terjadi ketidakwajaran dalam pemberian kontrak untuk meningkatkan suplai listrik Irak.

Menurut para pejabat hari Minggu ini, Menteri Perlistrikan Raad Shalal menyetujui kontrak senilai 1,7 milyar dolar bagi sebuah perusahaan Kanada 'Capgent' dan perusahaan Jerman MBH, walaupun kedua perusahaan gagal memenuhi standar Irak bagi para penyuplai listrik.

Menurut para pejabat tersebut, parlemen Irak mesti menyetujui perintah PM Maliki agar Shalal mundur. Shalal adalah anggota partai Iraqiya yang didukung golongan Sunni, sebuah faksi kunci dalam pemerintahan koalisi pimpinan Maliki, yang didominasi kaum Syi’ah.

Partai Iraqiya sering menuduh Maliki tidak menepati janji dalam melaksanakan persetujuan pembagian kekuasaan di kalangan blok-blok politik mayoritas Syi’ah, Sunni dan Kurdi di Irak.

XS
SM
MD
LG