Tautan-tautan Akses

PM Malaysia Janji Temukan Penyebab Jatuhnya Pesawat MH370


PM Malaysia Najib Razak (tengah) dalam jump pers terkait temuan reruntuhan MH370 di Kuala Lumpur, Malaysia (6/8).

PM Malaysia Najib Razak (tengah) dalam jump pers terkait temuan reruntuhan MH370 di Kuala Lumpur, Malaysia (6/8).

Perdana Menteri Malaysia Najib Razak mengukuhkan bahwa sepotong sayap pesawat terbang yang ditemukan di Pulau Reunion di Samudera Hindia adalah bagian dari pesawat Malaysia MH370.

Sepotong bagian sayap pesawat yang ditemukan seminggu lalu di sebuah pulau di Samudera Hindia telah dipastikan sebagai bagian dari pesawat Malaysia yang hilang tahun lalu.

Sementara itu, Perdana Menteri Malaysia berjanji kepada keluarga para korban bahwa pemerintah akan terus berusaha menemukan jawaban atas apa yang menyebabkan jatuhnya pesawat tersebut.

Perdana Menteri Malaysia Najib Razak mengukuhkan bahwa sepotong sayap pesawat terbang yang ditemukan di Pulau Reunion di Samudera Hindia adalah bagian dari pesawat Malaysia Airlines, Nomor Penerbangan MH370, walaupun analisis tambahan masih akan dilakukan hari Kamis.

"Meski tragis dan menyakitkan, ini setidaknya memberi kepastian kepada keluarga dan orang yang dicintai dari 239 orang yang ada dalam pesawat dengan nomor penerbangan MH370 itu," demikian keterangan Perdana Menteri Razak dalam konferensi pers.

Namun, seorang jaksa Perancis mengatakan analisis tambahan akan dilakukan hari Kamis di laboratorium Paris untuk mengukuhkan dugaan kuat bahwa bagian sayap itu milik MH370. Tidak jelas kapan hasil analisis tambahan itu akan siap diumumkan.

Para kerabat sebagian dari 239 penumpang dan awak pesawat naas itu mengatakan satu keeping bagian sayap tidak akan memberikan jawaban yang memuaskan bagi mereka.

Lee Khin Fatt, suami dari seorang awak kabin pesawat itu mengatakan “Jika ditemukan sepotong barang milik pasangan kita yang dapat kita kenali maka saya akan anggap benar. Tapi jika hanya sepotong bagian sayap pesawat, maka itu tidak meyakinkan saya.”

Jacquita Gonzales adalah isteri seorang penyelia penerbangan pesawat MH370 mengatakan, "Ini bukan akhir. Meskipun mereka menemukan sesuatu, mereka harus menemukan seluruh bagian pesawat. Kami masih menginginkan mereka pulang."

Perdana Menteri Malaysia berjanji kepada keluarga para korban bahwa pemerintah tidak akan berhenti sampai mereka mengetahui apa yang menyebabkan pesawat MH370 itu mengalami kecelakaan.

Para pencari menyisir wilayah di Samudera Hindia yang dekat dengan Australia, dan tidak menemukan apa pun. Perdana Menteri Australia Tony Abbott mengatakan penting bahwa upaya pencarian itu tidak dihentikan. Enam warga Australia ikut hilang dalam penerbangan itu.

“Kita berhutang kepada ratusan juta orang yang menggunakan jasa angkutan udara. Kita berhutang kepada 24 juta warga Australia yang menggunakan wilayah udara kita. Kita wajib memastikan bahwa perjalanan udara itu aman. Kita wajib mencari jawaban atas misteri yang mengerikan ini. Oleh akrena itulah pencarian harus diteruskan,” kata Tony Abbott.

Berbagai teori tentang hilangnya pesawat MH370 termasuk cuaca buruk, pembajakan, atau sang pilot sengaja menjatuhkan jet yang naas itu, tetapi sejauh ini belum ada yang pasti.

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG