Tautan-tautan Akses

PM Kan Letakkan Jabatan Sebagai Ketua Partai Demokrat Jepang


PM Naoto Kan menghadiri rapat umum Partai Demokrat Jepang (DPJ), di mana ia mundur dari jabatan ketua Partai (26/8).

PM Naoto Kan menghadiri rapat umum Partai Demokrat Jepang (DPJ), di mana ia mundur dari jabatan ketua Partai (26/8).

Mundurnya Naoto Kan sebagai ketua Partai Demokrat Jepang sekaligus mengakhiri masa jabatannya sebagai pemimpin negara itu.

Perdana Menteri Jepang Naoto Kan mengumumkan peletakan jabatannya sebagai ketua Partai Demokrat Jepang (DPJ), hari Jumat, yang efektif mengakhiri masa jabatannya sebagai pemimpin negara itu.

Kan didesak untuk meletakkan jabatan karena meluasnya ketidakpuasan mengenai penanganan pemerintah Jepang terhadap gempa bumi dan tsunami 11 Maret.

Setelah lolos dari mosi tak percaya pada bulan Juni, Kan mengatakan ia akan meletakkan jabatan jika tiga legislasi penting diloloskan parlemen - yakni legislasi anggaran yang kedua, legislasi pembiayaan anggaran dan legislasi yang menggalakkan penggunaan energi yang dapat diperbarui.. Dua legislasi terakhir diloloskan hari Jumat.

Kan diperkirakan akan resmi meletakkan jabatan dari partai dan pemerintahan sewaktu DPJ memilih ketua baru, hari Senin. Para legislator kemudian akan memilih ketua tersebut sebagai perdana menteri, sedini hari Selasa.

Sejauh ini, Menteri Keuangan Yoshihiko Noda telah dianggap sebagai calon terkuat untuk menjadi perdana menteri Jepang yang ke-enam dalam kurun lima tahun ini.

XS
SM
MD
LG