Tautan-tautan Akses

PM Kamboja Imbau Oposisi untuk Ambil Sumpah Jabatan di Parlemen


PM Kamboja Hun Sen (kiri) menghadiri rapat parlemen di Phnom Penh (24/9).

PM Kamboja Hun Sen (kiri) menghadiri rapat parlemen di Phnom Penh (24/9).

Parlemen Kamboja telah mengesahkan masa jabatan lima tahun baru bagi Perdana Menteri Hun Sen yang telah memerintah negara itu sejak lama, meskipun pihak oposisi memboikot sesi parlemen tersebut (24/9).

Berbicara di hadapan majelis yang separuh kosong hari Selasa (24/9) – hari kedua pemboikotan oposisi – Hun Sen membantah tuduhan kecurangan pemilu dalam pemilu parlemen tanggal 28 Juli lalu. Ia juga mengatakan pemerintahannya siap untuk berunding dengan Partai Penyelamatan Nasional Kamboja (CNRP) yang beroposisi, tetapi menambahkan bahwa para anggota harus mengambil sumpah jabatan mereka terlebih dulu.

Hun Sen juga mengatakan partainya sedang mempertimbangkan untuk menawarkan beberapa posisi senior kepada oposisi, termasuk jabatan wakil ketua badan legislatif tersebut.

Hari Senin dalam pidato pembukaannya di hadapan majelis tersebut, Raja Norodom Sihamoni mengatakan Kamboja “harus bersatu.” Dengan para anggota CNRP memboikot acara hari itu, hanya 68 anggota parlemen dari partai Hun Sen, Partai Rakyat Kamboja, berada disana mendengarkan pidato raja.
XS
SM
MD
LG