Tautan-tautan Akses

PM Jepang Upayakan Perbaikan Hubungan dengan China


PM Jepang Shinzo Abe dalam pertemuan G-20 di Istana Konstantin, St. Petersburg, Rusia (5/9).

PM Jepang Shinzo Abe dalam pertemuan G-20 di Istana Konstantin, St. Petersburg, Rusia (5/9).

Perdana Menteri Shinzo Abe mengupayakan perbaikan hubungan dengan China dalam pertemuan singkat dengan Presiden China Xi Jinping di Rusia.

Kantor berita resmi China, Xinhua, melaporkan Perdana Menteri Shinzo Abe bertemu dengan Presiden China Xi Jinping, di sebuah ruang VIP pada pertemuan puncak G-20, hari Kamis (5/9).

Xinhua mengatakan Xi mengutarakan keprihatinan bahwa hubungan China-Jepang menghadapi “kesulitan serius” yang tidak dikehendaki Beijing.

Para pejabat Tokyo mengatakan hari Jumat (6/9) pertemuan lima menit itu terjadi di sela-sela pertemuan puncak G-20 di Saint Petersburg.

Pertemuan demikian sebelumnya diragukan, karena hubungan Jepang-China telah rusak oleh satu sengketa wilayah yang sudah berlangsung puluhan tahun.

Tetapi, hari Kamis, seorang juru bicara delegasi China di pertemuan puncak itu mengatakan tanggung jawab untuk perbaikan hubungan “tidak terserah pada China.”

China marah setelah Jepang tahun lalu membeli sekelompok pulau yang disengketakan di Laut China Timur dari pemilik tanah swasta Jepang.
XS
SM
MD
LG