Tautan-tautan Akses

PM Jepang Tunda Kenaikan Pajak, Serukan Pemilu Awal


PM Jepang Shinzo Abe (Foto: dok).

PM Jepang Shinzo Abe (Foto: dok).

Ekonomi Jepang mengalami kesulitan menyusul diberlakukannya percobaan kenaikan pajak penjualan April lalu.

Media Jepang mengatakan, PM Shinzo Abe telah menunda kenaikan pajak yang kontroversial dan menyerukan pemilu dini. Langkah itu telah diperkirakan sebelumnya dan dijalankan setelah data ekonomi Jepang pada hari Senin (17/11) menunjukkan bahwa Tokyo secara tak terduga tergelincir kembali ke dalam resesi.

Ekonomi Jepang mengalami kesulitan menyusul diberlakukannya percobaan kenaikan pajak penjualan April lalu, yang menimbulkan pertanyaan apakah Abe akan melaksanakan kenaikan pajak putaran ke-dua pada tahun 2016, sebagaimana yang telah diduga.

Kantor berita NHK Jepang melaporkan, PM Abe akan menunda kenaikan pajak itu hingga tahun 2017. Dilaporkan bahwa dia telah menyerukan diselenggarakannya pemilu awal pada pertengahan bulan Desember, yang dimaksudkan untuk mengusahakan mandat baru bagi kebijakan-kebijakan ekonominya.

Menurut NHK, Abe mengumumkan langkah-langkah tersebut hari Selasa kepada para anggota Partai Liberal Demokrasi pimpinannya, yang memiliki suara mayoritas telak di parlemen. Abe diperkirakan akan secara resmi mengumumkan keputusannya pada sebuah jumpa pers, Selasa sore (18/11).

XS
SM
MD
LG