Tautan-tautan Akses

AS

PM Jepang: Trump Miliki Kepercayaan Besar


Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe bersalaman dengan Presiden AS terpilih Donald Trump di Trump Tower di Manhattan, New York.

Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe bersalaman dengan Presiden AS terpilih Donald Trump di Trump Tower di Manhattan, New York.

Ketika masih berkampanye, Trump mempertanyakan beberapa tonggak hubungan antara kedua negara.

Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe menyebut Presiden AS terpilih Donald Trump seorang pemimpin yang memiliki "kepercayaan besar". Abe merupakan pemimpin dunia pertama yang menemui Trump sejak Trump memenangkan pemilihan presiden Amerika.

“Saya percaya, tanpa adanya keyakinan di antara kedua bangsa, aliansi tidak akan bekerja di masa depan. Dan sebagai hasil pembicaraan hari ini, saya yakin Trump adalah seorang pemimpin pada siapa saya mempunyai kepercayaan besar,” kata Abe. Ia menyebut pembicaraanya dengan Trump benar-benar hangat.

Ketika masih berkampanye, Trump mempertanyakan beberapa tonggak hubungan antara kedua negara dan membayangkan bahwa Amerika terlalu berbuat banyak bagi pertahanan Jepang.

Ia juga melontarkan gagasan untuk memperbolehkan Jepang dan lainnya di wilayah Asia memiliki senjata nuklir dan menuntut sumbangan dana yang lebih besar untuk mendukung penempatan pasukan Amerika.

Pendukung aliansi pertahanan antara kedua mengemukakan, di samping manfaat bagi Jepang, ada manfaat strategis bagi Amerika dengan memangkalkan pasukannya di kawasan Asia-Pasifik. [al/ps]

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG