Tautan-tautan Akses

PM Jepang Rombak Kabinet untuk Peroleh Dukungan Kenaikan Pajak


Perdana Menteri Jepang Yoshihiko Noda mengajukan usulan kenaikan pajak penjualan yang kontroversial (foto: dok).

Perdana Menteri Jepang Yoshihiko Noda mengajukan usulan kenaikan pajak penjualan yang kontroversial (foto: dok).

Yoshihiko Noda berusaha memperoleh dukungan semua partai untuk rencana kontroversialnya menaikkan pajak penjualan di Jepang.

Perdana Menteri Jepang Yoshihiko Noda merombak kabinetnya Jumat ini dalam upayanya memperoleh dukungan semua partai untuk rencana kontroversialnya menaikkan pajak penjualan di negara tersebut.

Perdana Menteri Noda mengganti lima menterinya dan membiarkan 12 pos tidak berubah, termasuk menteri keuangan dan menteri luar negeri.

Naoki Tanaka akan menggantikan Yasuo Ichikawa sebagai menteri pertahanan, sementara Jin Matsubara akan mengambil alih posisi menteri urusan konsumen dari Kenji Yamaoka. Keduanya telah dikecam oleh oposisi karena pernyataan-pernyataan mereka yang dianggap tidak pantas.

Noda juga menunjuk Katsuya Okada - mantan menteri luar negeri yang dihormati kalangan luas, sebagai wakil perdana menteri. Politisi berpengalaman ini diperkirakan akan memimpin upaya pemerintah mengurangi defisit luar biasa Jepang dengan mereformasi jaringan keamanan sosial dan sistem perpajakan.

Secara khusus, Yoshihiko Noda mencoba memperoleh dukungan oposisi untuk rencananya yang tidak populer untuk melipat-gandakan pajak penjualan konsumen menjadi 10 persen sebelum tahun 2015. Ia telah berjanji akan mengajukan rancangan usulan itu dalam sesi parlemen sekarang ini.

XS
SM
MD
LG