Tautan-tautan Akses

PM Jepang Kembali Jadi Ketua Partai Liberal Demokrat


Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe dalam pidato peringatan perang di Tokyo (14/8). (AFP/Toru Yamanaka)

Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe dalam pidato peringatan perang di Tokyo (14/8). (AFP/Toru Yamanaka)

Partai itu menunjuk Abe ketua setelah tidak adanya anggota parlemen yang maju jadi pesaing dalam pemilihan yang telah dijadwalkan tanggal 20 September.

Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe telah memenangkan masa jabatan baru sebagai ketua Partai Liberal Demokrat yang berkuasa setelah terpilih tanpa saingan untuk jabatan tersebut.

Juru bicara pemerintah Yoshihide Suga mengatakan hari Selasa (8/9) bahwa Abe akan terus berusaha menghidupkan kembali ekonomi dan memulihkan kebesaran Jepang.

Partai itu menunjuk Abe ketua setelah tidak adanya anggota parlemen yang maju jadi pesaing dalam pemilihan yang telah dijadwalkan tanggal 20 September. Para calon harus memperoleh dukungan dari 20 orang anggota lain parlemen dalam partai itu.

Masa jabatan tiga tahun untuk Abe saat ini sebagai ketua partai LDP berakhir 30 September. Masa jabatan barunya akan berakhir 30 September 2018.

Abe memangku jabatan perdana menteri setelah pemilu bulan Desember 2012 yang mengalahkan dengan telak Partai Demokrat Jepang. Ia juga pernah memegang jabatan perdana menteri tahun 2006-2007.

Dengan kacaunya partai-partai lain, Liberal Demokrat dan mitra koalisi mereka Partai Komei memegang mayoritas 75 persen dalam majelis rendah parlemen dan dapat mengalahkan oposisi dalam sebagian besar rancangan undang-undang.

XS
SM
MD
LG