Tautan-tautan Akses

PM Jepang: Keluar dari Eropa, Inggris Tak Menarik bagi Investor


Pendukung Keluarnya Inggris dari Uni Eropa (Brexit) membagikan selebaran di Jalan Liverpool, London, Britania (foto dok.)

Pendukung Keluarnya Inggris dari Uni Eropa (Brexit) membagikan selebaran di Jalan Liverpool, London, Britania (foto dok.)

Keluarnya Inggris dari Uni Eropa berdampak negatif terhadap invstasi Jepang di negara itu. PM Jepang Shinzo Abe menyatakan alasan investasi Jepang di Inggris karena Inggris adalah gerbang menuju Eropa.

Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe memperingatkan, keluarnya Inggris dari Uni Eropa bisa berdampak negatif terhadap investasi Jepang di negara itu.

Abe mengatakan sekitar 1.000 perusahaan Jepang beroperasi di Inggris, mempekerjakan 140 ribu orang. Menurut Abe, banyak perusahaan itu berpusat di Inggris "justru karena Inggris adalah pintu gerbang ke Uni Eropa."

Perdana Menteri Inggris David Cameron mengatakan Inggris diuntungkan dari investasi Jepang yang berjumlah sekitar 55 miliar dolar.

Dalam referendum yang diminta Perdana Menteri pada 23 Juni, orang Inggris akan memutuskan apakah akan keluar dari Uni Eropa yang terdiri atas 28 negara.

Menurut analis, keluarnya Inggris dari Uni Eropa, akan menuai ketidakstabilan dalam mata uang asing, saham dan pasar obligasi, dan menimbulkan pertanyaan akan nasib ekonomi Inggris. [ka/al]

XS
SM
MD
LG