Tautan-tautan Akses

PM Jepang Diperkirakan Menang Pemilu Sela


Warga Jepang memasukkan kertas suara dalam pemilihan umum parlemen di Tokyo (14/12). (Reuters/Thomas Peter)

Warga Jepang memasukkan kertas suara dalam pemilihan umum parlemen di Tokyo (14/12). (Reuters/Thomas Peter)

Jika menang, Shinzo Abe akan menjabat selama empat tahun lagi untuk menerapkan berbagai reformasi yang sulit termasuk upaya memangkas utang negara dan merombak sektor pertanian.

Pemilih di Jepang telah berdatangan ke tempat-tempat pemungutan suara dalam pemilihan umum awal yang tampaknya akan mempertahankan kekuasaan Perdana Menteri Shinzo Abe dan Partai Demokratik Liberal (LDP) pimpinannya.

Dianggap sebagai referendum terhadap kebijakan ekonomi PM Abe, pemilu ini diperkirakan tidak akan berlangsung ketat menurut sejumlah survei awal.

Kalangan analis mengatakan LDP dan mitra koalisinya akan meraih lebih dari 300 dari ke-475 kursi di majelis rendah. Proses penghitungan akan dimulai Minggu malam.

Jika menang, PM Abe akan menjabat selama empat tahun lagi untuk menerapkan berbagai reformasi yang sulit termasuk upaya memangkas utang negara dan merombak sektor pertanian.

Abe terpilih menjadi perdana menteri untuk kedua kalinya pada 2012 dengan janji memacu ekonomi Jepang yang stagnan serta mengatasi masalah populasi yang semakin menua dan rendahnya angka kelahiran.

XS
SM
MD
LG