Tautan-tautan Akses

PM Jepang Baru Tingkatkan Tekanan pada Bank Sentral


PM Jepang yang baru Shinzo Abe berjanji untuk tekan Bank of Japan agar melonggarkan kebijakan moneter. (AP/Koji Sahasara)

PM Jepang yang baru Shinzo Abe berjanji untuk tekan Bank of Japan agar melonggarkan kebijakan moneter. (AP/Koji Sahasara)

Shinzo Abe yang segera menjabat sebagai Perdana Menteri Jepang, berjanji akan menekan Bank of Japan agar melonggarkan kebijakan moneter.

Berbicara Senin (17/12) dalam sebuah konferensi pers setelah memimpin partainya yang konservatif meraih kemenangan besar dalam pemilu, Abe mengatakan bank sentral harus memperhatikan hasil pemilihan umum ketika bertemu pekan ini untuk membahas kebijakan.

Ia mengatakan setelah membentuk kabinetnya pada 26 Desember, ia akan menginstruksikan para menteri agar menggandakan target inflasi bank sentral Jepang.

Selama kampanye yang mengarah pada kemenangan Minggu, ia telah menyerukan peningkatan belanja pekerjaan umum dan kebijakan moneter yang longgar untuk mengangkat perekonomian Jepang yang dulu hebat dari resesi keempat dalam 12 tahun terakhir.

Abe juga berjanji akan memperbaiki hubungan dengan Beijing sambil memegang teguh klaim Jepang atas sekelompok pulau tak berpenghuni di Laut China Timur yang dikontrol oleh Tokyo namun diklaim oleh Tiongkok dan Taiwan.

Pemimpin konservatif itu Senin kembali menyebut kepulauan Senkaku adalah wilayah Jepang, mengacu ke pulau-pulau yang disebut Diaoyu di Tiongkok.

Di Beijing, juru bicara Kementerian Luar Negeri Tiongkok Hua Chuying menjawab bahwa Tiongkok sangat prihatin mengenai arah yang diambil Jepang setelah pemilihan umum berakhir, dan berharap bahwa Jepang akan mendorong perkembangan hubungan antara kedua negara yang damai dan membangun.
XS
SM
MD
LG