Tautan-tautan Akses

PM Baru Italia Serukan Pertumbuhan, Bukan Penghematan


Enrico Letta, PM baru Italia, menyerukan Italia dan negara-negara zona Euro agar mendorong pertumbuhan ekonomi (foto: dok).

Enrico Letta, PM baru Italia, menyerukan Italia dan negara-negara zona Euro agar mendorong pertumbuhan ekonomi (foto: dok).

Enrico Letta, PM Italia yang baru saja dilantik, menyerukan agar negaranya dan negara-negara blok mata uang euro mendorong pertumbuhan ekonomi.

Perdana Menteri Italia yang baru dilantik Enrico Letta menyerukan agar negaranya dan blok mata uang euro mendorong pertumbuhan ekonomi dan mengakhiri ketergantungan pada langkah-langkah penghematan untuk mengatasi krisis utang pemerintah Eropa.

Dalam pidato pertamanya di parlemen, Letta mengatakan "Italia sedang sekarat karena penghematan saja. Kebijakan Pertumbuhan tidak bisa menunggu."

Katanya "Eropa berada dalam krisis legitimasi dan ... sekali lagi harus menjadi motor pertumbuhan yang berkelanjutan."

Letta mengatakan ia akan mengunjungi para pemimpin Eropa di Brussels, Paris dan Berlin dalam beberapa hari ke depan untuk menganjurkan perubahan fokus Eropa dalam menyelesaikan krisis utang melalui pemotongan anggaran belanja, pajak yang lebih tinggi dan penghapusan pekerjaan pemerintah.

Dorongan untuk penghematan di 17 negara zona euro dipimpin oleh Kanselir Jerman Angela Merkel. Tapi dalam beberapa hari terakhir, para pemimpin Eropa lainnya telah menyuarakan kekhawatiran bahwa penghematan saja tidak dapat memangkas tingkat pengangguran yang tinggi di wilayah itu atau memajukan perekonomian yang mandek.
XS
SM
MD
LG