Tautan-tautan Akses

PM Israel Tolak Peringatan Menlu AS Soal Boikot


PM Israel Benjamin Netanyahu dalam rapat kabinet mingguan di Yerusalem 2 Februari 2014.

PM Israel Benjamin Netanyahu dalam rapat kabinet mingguan di Yerusalem 2 Februari 2014.

Israel dan Palestina meluncurkan pembicaraan perdamaian pada bulan Juli setelah lama terhenti dan sejauh ini hanya menunjukkan sedikit tanda kemajuan.

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu hari Minggu mengesampingkan peringatan Menteri Luar Negeri Amerika John Kerry bahwa Israel menghadapi ancaman boikot yang kian berkembang jika pembicaraan perdamaian dengan Palestina gagal. Ia mengatakan kampanye boikot tidak akan mencapai tujuannya.

Dalam ketegangan terbaru antara kedua negara bersekutu ini, dua menteri di kabinet Netanyahu bertindak lebih jauh, dengan mengecam Kerry dan menuduhnya merongrong legitimasi Israel dan peluang tercapainya perjanjian perdamaian.

Israel dan Palestina meluncurkan pembicaraan perdamaian pada bulan Juli setelah lama terhenti dan sejauh ini hanya menunjukkan sedikit tanda kemajuan. Menghadapi tenggat bulan April, Israel sedang berupaya mengatasi tekanan internasional yang kian meningkat untuk mencapai suatu perjanjian, ditambah lagi dengan berkembangnya seruan untuk memboikot Israel terkait pemukiman-pemukiman di daerah yang direbutnya dalam perang Timur Tengah tahun 1967.

Sekarang ini, meski masih sedikit, tetapi semakin banyak bisnis dan dana pensiun Eropa mulai membatalkan investasi atau membatasi perdagangan dengan perusahaan-perusahaan Israel yang terlibat dalam permukiman Tepi Barat. Pada konferensi perdamaian di Jerman akhir pekan ini, Kerry memperingatkan bahwa kegagalan dalam perundingan Israel-Palestina akan mempercepat tren tersebut dan dapat mengancam kemakmuran ekonomi dan keamanan Israel.
XS
SM
MD
LG