Tautan-tautan Akses

PM Israel Serukan Hentikan Penyelidikan PBB Terhadap Perang Gaza


PM Israel Benjamin Netanyahu (Foto: dok).

PM Israel Benjamin Netanyahu (Foto: dok).

PM Israel Benjamin Netanyahu menyatakan komisi yang dibentuk oleh Dewan HAM PBB merupakan "badan anti-Israel" yang telah terbukti tidak ada sangkut-pautnya dengan hak-hak asasi manusia.

PM Israel Benjamin Netanyahu mengatakan, komisi PBB yang menyelidiki kemungkinan kejahatan perang di Gaza harus dibubarkan sekarang, setelah kepala komisi tersebut mengundurkan diri di tengah-tengah berbagai tuduhan yang dilontarkan bahwa dia bersikap berat sebelah terhadap Israel.

Netanyahu menyatakan hari Selasa, komisi yang dibentuk oleh Dewan HAM PBB itu adalah "badan anti-Israel" yang telah terbukti tidak ada sangkut-pautnya dengan hak-hak asasi manusia.

Menurutnya, dalam tahun 2014 saja, badan tersebut telah meluluskan lebih banyak resolusi yang menentang Israel daripada gabungan resolusi berkenaan dengan Iran, Suriah dan Korea Utara. Komentar Netanyahu itu diucapkan setelah keluar laporan-laporan bahwa ahli hukum Kanada, William Schabas, telah mundur sebagai kepala badan penyelidik tersebut.

Komisi tersebut dijadwalkan mengeluarkan laporannya bulan depan. Israel tidak memberikan kerjasamanya dengan badan itu, dengan alasan badan tersebut bersikap bermusuhan terhadap Israel dan bahwa hasil penyelidikannya telah diketahui sebelum laporan itu dirilis.

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG