Tautan-tautan Akses

PM Israel Minta Bantuan PBB untuk Hentikan Kapal ke Gaza


Kapal angkatan laut Israel (kiri) tiba di pelabuhan Ashdod, Israel selatan (foto: dok.). Israel masih memberlakukan blokade atas wilayah Gaza.

Kapal angkatan laut Israel (kiri) tiba di pelabuhan Ashdod, Israel selatan (foto: dok.). Israel masih memberlakukan blokade atas wilayah Gaza.

Netanyahu memberitahu Sekjen PBB untuk membantu menghentikan 15 kapal yang berusaha menerobos blokade atas Gaza.

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu telah meminta kepada Sekjen PBB Ban Ki-moon untuk membantu menghentikan sejumlah kapal yang berusaha menerobos blokade Israel terhadap Jalur Gaza.

Kantor Netanyahu mengatakan ia mengajukan permohonan itu dalam pembicaraan telepon hari Jumat dengan Ban.

Sebuah pernyataan mengatakan Netanyahu memberitahu pimpinan PBB itu bahwa penyelenggara pengerahan kapal-kapal itu, antara lain, unsur-unsur ektrimis Islam, yang hendak memancing konfrontasi dengan Israel.

Sebuah pernyataan PBB mengatakan Ban mengemukakan keprihatinan Perdana Menteri Netanyahu mengenai kapal-kapal tersebut, dan bahwa ia mengatakan ada rute darat bagi orang-orang yang ingin mengirim barang bantuan ke Gaza. Ban juga mengatakan Israel hendaknya mengambil langkah-langkah yang berarti untuk mengakhiri penutupan wilayah itu.

Sejumlah 15 kapal internasional itu diperkirakan akan bertolak bulan depan, setahun setelah komando Israel menggledah satu kapal Turki yang turut dalam konvoi bantuan yang berusaha mencapai Gaza. Sembilan aktivis Turki tewas dalam penggeledahan itu.

XS
SM
MD
LG