Tautan-tautan Akses

PM Irak Nouri al-Maliki akan Kunjungi Iran


PM Irak Nouri al-Maliki, yang berusaha menggalang dukungan dari negara tetangga, bertemu Presiden Suriah Bashar al-Assad di Damaskus, Rabu 13 September 2010.

PM Irak Nouri al-Maliki, yang berusaha menggalang dukungan dari negara tetangga, bertemu Presiden Suriah Bashar al-Assad di Damaskus, Rabu 13 September 2010.

Maliki sedang berusaha menggalang dukungan membentuk aliansi yang akan memberinya kursi parlemen guna membentuk pemerintahan.

Media Iran melaporkan Perdana Menteri Irak Nouri al-Maliki akan mengunjungi Iran hari Senin, sementara dia mencari dukungan dari negara-negara di kawasan Timur Tengah bagi upayanya untuk tetap berkuasa.

Kantor berita Iran Mehr mengatakan dalam kunjungannya, Maliki akan membicarakan perkembangan di Irak dengan para pejabat tinggi Iran. Laporan itu tidak memberikan rincian lebih jauh.

Irak tidak memiliki pemerintahan sejak pemilu parlemen bulan Maret yang tidak menghasilkan pemenang yang jelas.

Maliki sedang berusaha membentuk sebuah aliansi yang akan memberinya kursi parlemen untuk membentuk pemerintahan. Dia baru-baru ini memperoleh dukungan dari gerakan Syiah yang dipimpin oleh ulama berpengaruh Moqtada al-Sadr, yang membuatnya selangkah lebih dekat ke tujuannya untuk membentuk pemerintahan koalisi.

Kini Maliki sedang mencari dukungan dari tetangga-tetangga Irak. Dia baru saja bertemu hari Rabu dengan Presiden Suriah Bashar al-Assad di Damaskus untuk membicarakan usaha memperkuat hubungan antara Irak dan Suriah. Dia juga berencana mengunjungi Turki dan Yordania.

XS
SM
MD
LG