Tautan-tautan Akses

PM Inggris Upayakan Persetujuan Parlemen untuk Gempur ISIS


PM Inggris David Cameron (kiri) dan Presiden Perancis Francois Hollande saat memberikan konferensi pers bersama di istana Elysee, Paris hari Senin (23/11).

PM Inggris David Cameron (kiri) dan Presiden Perancis Francois Hollande saat memberikan konferensi pers bersama di istana Elysee, Paris hari Senin (23/11).

Inggris menawarkan bantuan baru kepada Perancis untuk melakukan serangan udara terhadap sasaran kelompok militan ISIS di Suriah.

Perdana Menteri Inggris David Cameron hari Senin (23/11) menawarkan bantuan baru kepada Perancis untuk melakukan serangan udara terhadap militan ISIS di Suriah, dan mengatakan akan meminta persetujuan parlemen Inggris akhir pekan ini untuk bergabung melawan kelompok jihad itu.

Dalam kunjungan ke Paris, pemimpin Inggris itu mengatakan kepada Presiden Perancis Francois Hollande bahwa pesawat-pesawat jet tempur Perancis akan menggunakan pangkalan udara Inggris di Siprus untuk melancarkan serangan terhadap sasaran-sasaran ISIS. Inggris juga menawarkan pengisian bahan bakar di udara.

“Saya dengan tegas mendukung tindakan Presiden Hollande untuk menyerang ISIS di Suriah dan saya yakin bahwa seharusnya Inggris juga mendukung hal ini”, ujar Cameron. Inggris sebelumnya sudah membom sasaran-sasaran ISIS di Irak.

Perancis mengintensifkan serangan terhadap sasaran-sasaran ISIS di Suriah pasca serangan berdarah di Paris yang menewaskan sedikitnya 130 orang dan melukai lebih dari 300 lainnya. Paris hari Senin (23/11) memindahkan kapal induknya – Charles de Gaulle – ke Laut Tengah dan bisa menggunakan pangkalan di Siprus sebagai alternatif tempat peluncuran.

Hollande melakukan pembicaraan tingkat tinggi dengan beberapa pemimpin dunia, mencari dukungan untuk melakukan serangan terkoordinasi terhadap militan ISIS. Hollande akan bertolak ke Washington DC untuk bertemu Presiden Amerika Barack Obama dan kemudian berangkat ke Moskow untuk mengadakan pertemuan dengan Presiden Rusia Vladimir Putin. Hollande juga akan bertemu dengan Kanselir Jerman Angela Merkel dan Perdana Menteri Italia Matteo Renzi.

Gedung Putih mengatakan Obama dan Hollande akan membahas kerjasama lebih erat sebagai bagian dari koalisi pimpinan Amerika yang telah melancarkan serangan udara terhadap sasaran-sasaran ISIS di Iran dan Suriah selama lebih dari satu tahun.

Pesawat-pesawat tempur Perancis ikut ambil bagian dan beberapa pejabat mengatakan keinginan untuk melakukan tindakan yang lebih besar itu belum mencakup perluasan operasi, seperti pengiriman pasukan darat ke Suriah. Hollande mengatakan militer Perancis akan mengintensifkan serangannya di Suriah.

Perancis mensponsori resolusi Dewan Keamanan PBB yang diloloskan pekan lalu, yang mendorong seluruh negara untuk mencegah dan mengakhiri tindakan teroris ISIS dan kelompok-kelompok lain, dan untuk menghancurkan tempat perlindungan mereka di bagian timur Suriah serta bagian barat dan utara Irak. [em/ii]

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG