Tautan-tautan Akses

PM Inggris Kunjungi Rusia, Bahas Situasi Suriah


PM Inggris David Cameron (kiri) dan Presiden Rusia Vladimir Putin di rumah kediaman Bocharov Ruchei di kota Sochi, Laut Hitam, Rusia (10/5).

PM Inggris David Cameron (kiri) dan Presiden Rusia Vladimir Putin di rumah kediaman Bocharov Ruchei di kota Sochi, Laut Hitam, Rusia (10/5).

PM Inggris David Cameron mengunjungi Presiden Rusia Vladimir Putin, Jumat (10/5), untuk melangsungkan pembicaraan terkait upaya penyelesaian konflik di Suriah.

Pertemuan PM Inggris David Cameron dengan Presiden Rusia Vladimir Putin di kota Sochi, Laut Hitam, berlangsung di saat munculnya tekanan internasional baru untuk mencari solusi bagi konflik yang telah menewaskan sedikitnya 70 ribu orang itu.

Washington dan Moskow pekan ini sepakat untuk mengadakan sebuah konferensi internasional bulan ini, yang bertujuan untuk mendesak terselenggaranya pembicaraan damai antara pemerintah Suriah dan para pemberontak yang berusaha menggulingkan Presiden Bashar al-Assad, sekutu lama Rusia.

Timbul spekulasi bahwa London kemungkinan tertarik untuk menjadi tuan rumah bagi penyelenggaraan konferensi tersebut.

Menlu Amerika John Kerry, Kamis (9/5), mengulang kembali seruannya agar Assad mundur dari jabatannya, dengan mengatakan ia tidak bisa menjadi bagian dari pemerintah transisi yang akan memimpin Suriah keluar dari krisisnya.

Pernyataan itu tampaknya untuk mempertegas posisi Amerika.

Hari Selasa, Kerry mengatakan, tidak mungkin baginya sebagai individu melihat Presiden Assad memerintah Suriah di masa depan, namun ia mengatakan, bahwa nasib Presiden Suriah bukan ia yang memutuskan.

Sementara itu, bentrokan berlanjut di berbagai penjuru Suriah. Komite Koordinasi Lokal, sebuah kelompok aktivis oposisi, mengatakan sedikitnya 22 orang tewas dalam pertempuran Jumat pagi di Damaskus, Homs, Aleppo, Hama, dan Daraa.
XS
SM
MD
LG