Tautan-tautan Akses

PM India Tolak Pecat Menteri Niranjan Jyoti


PM India Narendra Modi (Foto: dok).

PM India Narendra Modi (Foto: dok).

Para anggota parlemen oposisi ingin agar Menteri Muda Sadhvi Niranjan Jyoti dikeluarkan dari kabinet, karena komentarnya yang bertentangan dengan konstitusi sekuler India.

PM India Narendra Modi menolak tuntutan agar memecat Menteri Muda Sadhvi Niranjan Jyoti, yang komentar menghinanya terhadap kaum Muslim telah menghebohkan dan menutup Parlemen India selama empat hari.

Sadhvi Niranjan Jyoti berbicara di depan sebuah rapat besar di New Delhi bahwa yang tidak mengikuti ajaran dewa Hindu, Ram, adalah "bangsat." Para anggota parlemen oposisi ingin agar dia dikeluarkan dari kabinet atas dasar komentarnya yang bertentangan dengan konstitusi sekuler India itu.

Modi menyebut ucapan Jyotiitu tak dapat diterima, tetapi menolak memecatnya. Dia menghimbau kepada para anggota legislatif, hari Jumat (5/12), untuk membiarkan Parlemen berfungsi.

Kaum Muslim berjumlah 13 persen dari penduduk India. Mereka telah merasa waswas dengan besarnya kemenangan partai fundamentalis Hindu pimpinan Modi dalam pemilu bulan Mei lalu.

XS
SM
MD
LG