Tautan-tautan Akses

PM India Serukan Aktivis Hentikan Mogok Makan


Tim dokter memeriksa aktivis Anna Hazare di depan potret raksasa Mahatma Gandhi, Selasa (23/8).

Tim dokter memeriksa aktivis Anna Hazare di depan potret raksasa Mahatma Gandhi, Selasa (23/8).

Singh mengeluarkan himbauan agar Hazare berhenti mogok makan dan berencana mengadakan rapat semua partai untuk membicarakan konfrontasi tersebut.

Perdana Menteri India Manmohan Singh menyerukan kepada aktivis anti-korupsi Anna Hazare agar menghentikan mogok makannya yang sedang dilakukan untuk menuntut rancangan undang-undang anti-korupsi yang lebih keras.

Singh mengeluarkan himbauan itu dalam sepucuk surat yang diungkapkan hari Selasa. Pejabat pemerintah berencana mengadakan rapat semua partai hari Rabu untuk membicarakan konfrontasi tersebut.

Mogok makan oleh Anna Hazare, yang dimaksudkan untuk mendorong parlemen agar meluluskan rancangan undang-undang anti-korupsi yang lebih keras, sudah memasuki hari kedelapan hari Selasa. Para dokter mengatakan aktivis berusia 74 tahun itu telah turun beratnya hampir enam kilogram.

Hazare mengatakan kepada para pendukung yang berkumpul di Delhi pada hari Selasa bahwa ia minum air dan dalam keadaan baik dan mendapat pengawasan kesehatan yang sangat baik. Ia bertekad untuk meneruskan puasanya dan meminta kepada para pendukung agar berkumpul di rumah-rumah anggota parlemen, kalau perlu, untuk mendapat perhatian mereka. Ia menyamakan dirinya dengan pemimpin legendaris India Mohandas Gandhi, dengan mengatakan perjuangan ini adalah pertempuran yang kedua untuk kemerdekaan.

Protes serupa mendukung Hazare semakin kuat di kota-kota bagian selatan, Bangalore dan Mumbai, dan di kota lain di seluruh negara itu.

Parlemen tutup lebih awal pada hari Selasa setelah pertengkaran keras pecah mengenai masalah tersebut.

XS
SM
MD
LG