Tautan-tautan Akses

PM India: Rahul Gandhi Calon Terbaik Penggantinya


Pemimpin Partai Kongres Rahul Gandhi dalam upacara pelantikan menteri-menteri kabinet yang baru. (Foto: Dok)

Pemimpin Partai Kongres Rahul Gandhi dalam upacara pelantikan menteri-menteri kabinet yang baru. (Foto: Dok)

Manmohan Singh mengatakan Rahul Gandhi mempunyai kelayakan yang terbaik untuk memimpin Partai Kongres.

Perdana Menteri India Manmohan Singh mengatakan akan mundur setelah pemilihan umum akhir tahun ini.

Manmohan Singh, yang berusia 81 tahun, dalam jumpa pers yang hanya diadakan ke tiga kalinya dalam 10 tahun, Jumat (3/1) mengatakan bahwa ia akan menyerahkan kekuasaan kepada perdana menteri baru setelah pemilihan umum tahun ini.

Perdana Menteri India Manmohan Singh mengatakan Rahul Gandhi adalah calon terbaik untuk menjadi perdana menteri berikut. Dia mengatakan Rahul Gandhi harus mengambil tempatnya, jika partai Kongres yang berkuasa pimpinan Singh memenangkan masa jabatan ketiga.

Singh mengatakan Rahul Gandhi mempunyai kelayakan yang terbaik untuk memimpin Partai Kongres, Jumat, (3/1). Gandhi adalah penerus dinasti politik Nehru-Gandhi di India. Ia telah diperkirakan kalangan luas akan memimpin Partai Kongres dalam kampanye tersebut.

Namun, jajak pendapat publik menunjukkan partai oposisi, Partai Bharatiya Janata, yang dipimpin oleh Narendra Modi, lebih mungkin untuk menang dalam pemilihan umum nasional tersebut, setelah mengalahkan partai Kongres dalam pemilu negara bagian baru-baru ini.

Singh mengatakan akan menjadi "bencana" jika Modi menjadi perdana menteri.

Modi, yang adalah menteri dari negara bagian Gujarat, India barat, telah dituduh tidak banyak berbuat untuk menghentikan kerusuhan anti-Muslim pada tahun 2002 tak lama setelah ia mulai memegang jabatan. Kekerasan tersebut menewaskan lebih dari 1.000 orang.

Pendukung mengatakan bahwa sejak saat itu, rekor pemerintahan Modi yang stabil, pembangunan dan pertumbuhan telah berhasil merebut hati pemilih di Gujarat yang berjumlah 60 juta orang, termasuk Muslim.
XS
SM
MD
LG