Tautan-tautan Akses

PM India Perbesar Kabinet


Perdana Menteri India Narendra Modi (ke-12 dari kiri), bersama para anggota kabinet yang baru dilantik di Istana Presiden di New Delhi, India (9/11).

Perdana Menteri India Narendra Modi (ke-12 dari kiri), bersama para anggota kabinet yang baru dilantik di Istana Presiden di New Delhi, India (9/11).

Narendra Modi memulai masa jabatannya dengan Kabinet yang ramping, tetapi para pengamat mengatakan banyak menteri bekerja terlalu berat.

Perdana Menteri India Narendra Modi telah memperbesar kabinet pemerintahannya untuk memperkuat fokus pada perbaikan ekonomi negara itu.

Dua puluh satu menteri baru dilantik dalam upacara singkat Minggu (9/11) di Istana Presiden di New Delhi.

Lompatan jabatan paling tinggi adalah terjadi pada Manchar Parrikar, seorang pemimpin daerah yang sekarang menjadi menteri pertahanan baru.

Arun Jaitley, yang pernah memegang jabatan menteri pertahanan dan keuangan sekarang memusatkan perhatian untuk menghidupkan kembali ekonomi sebagai menteri keuangan baru.

Modi, yang memangku jabatan sejak Mei dengan mandat besar dalam pemilihan umum, sekarang memimpin dewan menteri yang beranggotakan 66, dengan 26 menteri di tingkat Kabinet.

Para pemimpin perusahaan telah menyambut baik perluasan Kabinet tersebut, dengan mengatakan hal itu memperlihatkan niat pemerintah untuk mempercepat proses reformasi.

Janji menarik ekonomi dari kejatuhan yang dalam telah mengangkat Partai Bharatiya Janata pimpinan Modi ke tampuk kekuasaan lima bulan yang lalu.

Modi, yang menang dengan semboyan “pemerintah minimum, dengan prestasi maksimum”, memulai masa jabatannya dengan Kabinet yang ramping, tetapi para pengamat mengatakan banyak menteri bekerja terlalu berat.

Perluasan Kabinet itu dilakukan sementara parlemen bersiap-siap untuk bersidang nanti bulan ini.

XS
SM
MD
LG