Tautan-tautan Akses

PM India Himbau Kerjasama Regional untuk Hadapi Terorisme


Presiden Afghanistan Hamid Karzai menyambut kunjungan PM India Manmohan Singh dalam upacara resmi di Kabul (12/5).

Presiden Afghanistan Hamid Karzai menyambut kunjungan PM India Manmohan Singh dalam upacara resmi di Kabul (12/5).

Dalam kunjungan ke Afghanistan hari Kamis, Manmohan Singh menghimbau India, Pakistan dan Afghanistan bekerjasama untuk mengakhiri momok terorisme.

Perdana Menteri India Manmohan Singh mengatakan kematian pemimpin Al-Qaida Osama bin Laden baru-baru ini memberikan "momen unik" bagi negara-negara di kawasan itu untuk bekerjasama menuju perdamaian.

Dalam kunjungan ke Afghanistan hari Kamis, Singh menghimbau India, Pakistan dan Afghanistan bekerjasama untuk mengakhiri momok terorisme tersebut. Dia juga menghimbau penyelidikan mengenai bagaimana bin Laden bisa hidup tanpa terdeteksi di Pakistan, sebelum dibunuh oleh pasukan Amerika tanggal 2 Mei lalu.

Perdana menteri itu juga memberitahu Presiden Afghanistan Hamid Karzai bahwa India dan Afghanistan adalah mitra dalam kemajuan dan pembangunan. Singh menegaskan kembali solidaritas negaranya dengan Afghanistan dan mengatakan India sangat mendukung upaya rakyat Afghanistan mencapai perdamaian dan rekonsiliasi.

Dalam pertemuan tersebut, pemimpin India itu juga menawarkan bantuan 500 juta dollar kepada Afghanistan. Jumlah tersebut merupakan tambahan atas bantuan yang telah dijanjikan India sebesar 1,3 milyar dollar bagi Afghanistan untuk membangun kembali parlemen, jalan raya, rumah sakit dan jaringan listriknya.

Perdana Menteri Singh terakhir mengunjungi Afghanistan tahun 2005. Karzai telah beberapa kali berkunjung ke New Delhi, terakhir bulan Februari tahun ini.

XS
SM
MD
LG