Tautan-tautan Akses

PM India dan Pakistan Bahas Situasi Kashmir di New York


PM Pakistan Nawaz Sharif (kiri) berjabat tangan dengan PM India Manmohan Singh di sela-sela pertemuan Sidang Umum PBB di New York (29/9).

PM Pakistan Nawaz Sharif (kiri) berjabat tangan dengan PM India Manmohan Singh di sela-sela pertemuan Sidang Umum PBB di New York (29/9).

Perdana Menteri India Manmohan Singh dan Perdana Menteri Pakistan Nawaz Sharif bertemu di sela-sela sidang Majelis Umum PBB di New York, Minggu (29/9).

Perdana Menteri India Manmohan Singh dan Perdana Menteri Pakistan Nawaz Sharif
sependapat mengenai perlunya mengurangi ketegangan di wilayah Kashmir yang disengketakan.

Kedua pemimpin berbicara selama sekitar satu jam di sebuah hotel di New York, Minggu (29/9) dalam pertemuan langsung mereka sejak Sharif menjabat sebagai Perdana Menteri Pakistan setelah memenangkan pemilu bulan Mei yang lalu.

Penasihat keamanan nasional India Shivshankar Menon mengatakan kedua perdana menteri sepakat untuk menugaskan para perwira militer senior mencari cara memulihkan gencatan senjata di Kashmir yang terbagi.

Pekan lalu militan menyerbu sebuah markas tentara di wilayah Kashmir India sehingga menewaskan 10 orang.

Menteri Luar Negeri Pakistan Jalil Abbas Jilani mengukuhkan bahwa kedua pemimpin sependapat gencatan senjata di Kashmir harus ditegakkan.

Singh dan Sharif juga mengatakan mereka akan saling berkunjung meskipun belum ada tanggal pasti yang ditetapkan untuk lawatan tersebut.

Dalam beberapa pekan menjelang pertemuan ini, Perdana Menteri Sharif telah mendesak diakhirinya ketegangan dengan India, sementara India menuntut Pakistan bertindak untuk menghentikan serangan-serangan seperti yang terjadi pekan lalu di Kashmir dan pada tahun 2008 di Mumbai yang menewaskan 166 orang.
XS
SM
MD
LG