Tautan-tautan Akses

PM Erdogan dan Partai AKP Menang Besar dalam Pemilu Turki


PM Erdogan dipastikan akan menduduki jabatan PM Turki ketiga kalinya setelah partai AKP menang besar dalam pemilu Turki (12/6).

PM Erdogan dipastikan akan menduduki jabatan PM Turki ketiga kalinya setelah partai AKP menang besar dalam pemilu Turki (12/6).

Meski menang besar, belum jelas apakah partai AKP yang berkuasa akan mendapat dua pertiga mayoritas dalam DPR Turki.

Hasil penghitungan suara sementara pemilihan anggota DPR Turki menunjukkan, Perdana Menteri Recep Tayyip Erdogan dan partainya yang berkuasa akan mendapat kemenangan besar, sehingga Erdogan akan berkuasa untuk masa jabatan ketiga berturut-turut.

Partai AKP yang berkuasa mendapat 50 persen suara setelah lebih dari 43 persen suara dihitung. Partai oposisi CHP hanya mendapat 26 persen, dan partai ketiga terbesar di Turki, Partai Aksi Nasionalis mendapat 13 persen.

Tapi belum jelas apakah partai AKP akan mendapat dua pertiga mayoritas dalam DPR yang beranggotakan 550 orang itu. Kalau itu terjadi, kelompok yang berkuasa akan bisa mengajukan rancangan UUD baru yang katanya akan lebih demokratis.

Pendukung Perdana Menteri Erdogan mengatakan, UUD baru itu akan menjamin hak-hak kelompok minoritas, seperti kelompok Kurdi yang menginginkan pemerintahan otonomi di tenggara Turki.

XS
SM
MD
LG