Tautan-tautan Akses

PM China Bantah Tuduhan AS Terkait Peretasan Komputer


Perdana Menteri baru China, Li Keqiang dalan konferensi pers seusai Kongres Partai Nasional di Beijing (17/3).

Perdana Menteri baru China, Li Keqiang dalan konferensi pers seusai Kongres Partai Nasional di Beijing (17/3).

Perdana Menteri baru China Li Keqiang menolak tuduhan Amerika mengenai peretasan dan menyatakan kedua negara harus bekerja sama untuk mengupayakan keamanan di Internet.

Berbicara kepada wartawan setelah penutupan Kongres Rakyat Nasional hari Minggu, Perdana Menteri baru China Li Keqiang mengatakan China juga menjadi sasaran utama peretasan komputer dan tidak mendukung kegiatan seperti itu.

Perdana Menteri baru China Li Keqiang menolak tuduhan Amerika terkait peretasan dan menyatakan kedua negara tidak boleh saling melontarkan tuduhan tak berdasar dan harus bekerja sama untuk mengupayakan keamanan di Internet.

Menteri Keuangan baru Amerika, Jacob Lew akan bertolak ke China pekan ini untuk melakukan pembicaraan ekonomi yang diperkirakan akan membahas juga serangan internet terhadap perusahaan-perusahaan Amerika.

Bulan lalu, organisasi keamanan internet Amerika Mandiant menuduh militer China mencuri sejumlah besar data dari sekitar 150 perusahaan dan organisasi Amerika.

Beberapa perusahaan teknologi besar Amerika, di antaranya Apple, Facebook, dan Twitter, diretas tahun ini. Harian New York Times, Wall Street Journal, dan Washington Post juga menyatakan diserang peretas yang berbasis di China.
XS
SM
MD
LG