Tautan-tautan Akses

PM Australia Tantang Saingannya Ikut Pemilihan Pemimpin Partai Buruh


PM Australia Julia Gillard menantang saingannya, mantan PM Kevin Rudd untuk ikut pemilihan calon pemimpin partai mereka, Partai Buruh Australia (Foto: dok).

PM Australia Julia Gillard menantang saingannya, mantan PM Kevin Rudd untuk ikut pemilihan calon pemimpin partai mereka, Partai Buruh Australia (Foto: dok).

Perdana Menteri Australia Julia Gillard menantang rekan dan saingan separtainya, mantan Perdana Menteri Kevin Rudd, untuk ikut serta dalam pemilihan calon pemimpin partai mereka, partai Buruh.

Perdana Menteri Gillard mengatakan pemungutan suara akan diadakan pukul 7 petang waktu setempat hari Rabu, dengan mengatakan ini adalah kesempatan terakhir bagi penyelesaian perselisihan yang masih ada mengenai siapa yang patut memimpin partai Buruh.

Tindakan Gillard itu diambil setelah para pendukung Rudd kabarnya mempersiapkan pemungutan suara dalam partai dalam usaha untuk menggulingkan perdana menteri. Rudd, yang digantikan oleh Gillard sebagai perdana menteri tahun 2010, kemudian menerima tantangan itu.

Angket pendapat umum menunjukkan Partai Buruh bakal menderita kekalahan besar dalam pemilu bulan September. Poll juga menunjukkan bahwa Rudd kemungkinan lebih populer daripada Gillard dan dapat membantu partai untuk mempertahankan lebih banyak kursi dalam pemilu itu.

Dalam mengumumkan pemungutan suara itu hari Kamis, Gillard mengatakan dia akan meninggalkan politik apabila kalah dalam pemungutan suara atau pemilihan pemimpin itu dan meminta kepada setiap penantang agar berbuat serupa. Tetapi, dia mengatakan dia tidak akan menjanjikan pensiun sekiranya ia tidak mempunyai keyakinan akan menang.
XS
SM
MD
LG