Tautan-tautan Akses

PM Australia: Sinyal Diyakini Datang dari Pesawat Malaysia


Zhang Zhiliang, warga Tianjin berusia 27 tahun, menatap foto-foto tunangannya Li Jie, penumpang dalam pesawat Malaysia Airlines MH370, di apartemen mereka di Tianjin (5/4).

Zhang Zhiliang, warga Tianjin berusia 27 tahun, menatap foto-foto tunangannya Li Jie, penumpang dalam pesawat Malaysia Airlines MH370, di apartemen mereka di Tianjin (5/4).

Tony Abbott mengatakan para petugas pencarian telah banyak memperkecil daerah yang mereka jajaki untuk mencari sumber sinyal yang pertama dideteksi Sabtu lalu.

Perdana Menteri Australia mengatakan Jumat (11/4) pihak berwenang yakin bahwa rentetan sinyal dari bawah laut yang dideteksi di bagian terpencil Samudera Hindia datang dari pesawat Malaysia yang hilang.

Tony Abbott mengatakan kepada para wartawan di Shanghai, China, bahwa para petugas pencarian telah banyak memperkecil daerah yang mereka jajaki untuk mencari sumber sinyal yang pertama dideteksi Sabtu lalu.

“Daerah pencarian sudah sangat dipersempit karena kita sudah memperoleh beberapa deteksi, ada beberapa dalam waktu yang lama,” ujar Abbott.

“Namun, kita sudah mulai masuk ke tahap ketika sinyal yang kita yakini datang dari kotak hitam sudah mulai melemah. Kita berharap memperoleh informasi sebanyak-banyaknya sebelum sinyal itu akhirnya mati,” tambahnya.

Suara yang dikenal sebagai ping yang konsisten dengan perekam data penerbangan telah terdeteksi oleh kapal Australia yang menggunakan perangkat angkatan laut Amerika untuk mendeteksi kotak hitam.

Kotak hitam pesawat itu, yang terdiri dari perekam data penerbangan dan suara dalam kokpit, dapat membantu mengungkapkan misteri mengapa pesawat dengan nomor penerbangan 370 itu membelok sangat jauh dari arah rutenya ketika menghilang 8 Maret dalam penerbangan dari Kuala Lumpur, Malaysia, ke Beijing.

Pihak berwenang Malaysia yakin pesawat itu sengaja dialihkan dan jatuh ke laut . Tapi tanpa reruntuhan ditemukan, banyak orang merasa skeptis.
XS
SM
MD
LG