Tautan-tautan Akses

PM Australia Puji Keberhasilan Upaya Penghentian Pencari Suaka


PM Australia Tony Abbott (Foto: dok).

PM Australia Tony Abbott (Foto: dok).

Angkatan laut Australia telah memulangkan 34 pencari suaka yang berusaha mencapai Australia dengan kapal Indonesia berkondisi buruk kembali ke pulau Jawa dengan perahu sekoci tertutup, Rabu (5/2).

Perdana Menteri Australia Tony Abbott menggambarkan langkah yang diambil Australia untuk menghentikan pencari suaka yang berdatangan dengan kapal sebagai langkah keras tetapi berhasil, dengan mengatakan 50 hari telah berlalu tanpa ada pencari suaka yang mencapai Australia dengan kapal, periode waktu yang paling lama sejak tahun 2008.

Ucapannya dikeluarkan sementara badan penyiaran “Australia Broadcasting Corporation” melaporkan bahwa angkatan laut Australia telah memulangkan 34 pencari suaka yang berusaha mencapai Australia dengan kapal Indonesia berkondisi buruk kembali ke pulau Jawa dengan perahu sekoci tertutup, Rabu (5/2).

Pemerintah hari Jumat (7/2) tetap menggunakan kebijakannya yang sudah berlaku selama lima bulan, yang menolak mengatakan apakah pemerintah pernah memulangkan pencari suaka yang berusaha mencapai Australia dengan kapal dari Indonesia.
XS
SM
MD
LG