Tautan-tautan Akses

PM Australia: Kapal Perang Tiongkok akan Berkunjung


Perdana Menteri Australia Julia Gillard (kiri) dengan PM Tiongkok Wen Jiabao di Beijing (26/4).

Perdana Menteri Australia Julia Gillard (kiri) dengan PM Tiongkok Wen Jiabao di Beijing (26/4).

Perdana Menteri Julia Gillard mengatakan kedua pemimpin telah sepakat untuk memperkuat hubungan dalam beberapa bidang, termasuk pertahanan.

Perdana Menteri Australia Julia Gillard mengatakan Australia mungkin akan menerima kunjungan kapal perang Tiongkok sedini tahun ini.

Gillard mengatakan demikian, Kamis, setelah pembicaraan di Beiijing dengan Presiden Hu Jintao sehari sebelumnya. Gillard mengatakan kedua pemimpin telah sepakat untuk memperkuat hubungan dalam beberapa bidang, termasuk pertahanan.

Gillar mengatakan kepada Hu bahwa Australia terbuka bagi kunjungan kapal perang Tiongkok dan bahwa kunjungan demikian yang pertama dapat diadakan sebelum akhir tahun ini.

Kedua negara sudah pernah mengadakan latihan militer bersama, termasuk latihan menembak dengan peluru tajam. Gillard mengatakan langkah-langkah kecil untuk meningkatkan kerjasama adalah cara terbaik untuk mencapai transparansi militer yang lebih besar.

Hu mengatakan setelah pertemuan bahwa ia menghargai tekad Gillard untuk mengembangkan hubungan bersahabat dan pragmatis dengan Tiongkok. Tiongkok adalah mitra dagangan terbesar Australia, yang mengimpor sejumlah besar bahan baku yang memotori pertumbuhan ekonominya.

XS
SM
MD
LG