Tautan-tautan Akses

PM Australia dan Industri Pertambangan Capai Kompromi Pajak


Julia Gillard mengatakan pajak atas laba pertambangan batubara dan biji besi dkurangi menjadi 30 persen, dari semula 40 persen.

Perdana Menteri baru Australia, Julia Gillard, telah mengumumkan kesepakatan kompromi dengan industri pertambangan mengenai pajak laba yang menghebohkan itu.

Nyonya Gillard mengatakan hari Jumat bahwa usul pajak 40 persen atas laba pertambangan telah dkurangi menjadi 30 persen dan hanya akan berlaku bagi laba batu-bara dan biji besi. Ia mengatakan batas laba minimum untuk pengenaan pajak akan dinaikkan.

Gillard juga mengatakan pemerintah memperluas pajak 40 persen atas laba minyak dan gas lepas-pantai ke proyek-proyek di daratan. Perdana Menteri mengatakan pajak tersebut akan menjamin bahwa semua warga Australia mendapat bagian yang wajar dari sumber-daya pertambangan negara itu.

Gillard terbang ke Canberra Kamis malam untuk berbicara dengan para pejabat dari perusahaan-perusahaan pertambangan terbesar di dunia. Industri pertambangan menyambut baik kesepakatan pada hari Jumat, dengan mengatakan usul baru itu merupakan kemajuan yang signifikan ke arah pemuasan keprihatinan mereka.

XS
SM
MD
LG