Tautan-tautan Akses

PM Australia akan Hadiri KTT Persemakmuran di Kolombo


PM Australia Tony Abbott (Foto: dok).

PM Australia Tony Abbott (Foto: dok).

Perdana Menteri Australia Tony Abbott menolak seruan yang memintanya untuk ikut memboikot pertemuan puncak Persemakmuran Inggris di Sri Lanka pekan ini.

India mengumumkan hari Minggu (10/11) bahwa Perdana Menteri Manmohan Singh akan menjadi pemimpin yang kedua setelah Perdana Menteri Kanada Stephen Harper yang tidak akan menghadiri pertemuan puncak di Kolombo.

Senator Australia Lee Rhiannon telah meminta kepada Perdana Menteri Tony Abbott agar tidak menghadiri pertemuan itu setelah Senator tersebut dihalangi mengadakan jumpa pers mengenai hak azasi manusia di Kolombo hari Minggu oleh para pejabat imigrasi yang menyita paspornya dan menahannya di hotelnya selama tiga jam untuk ditanyai.

Rhiannon terbang meninggalkan Kolombo Minggu malam dan akan tiba di Sydney Senin pagi. Kantor berita APNZ melaporkan bahwa Loggie mengatakan dia “aman” setelah penahanannya, tetapi tidak melaporkan pergerakannya.

Rhiannon mengatakan kepada Australian Broadcasting Corporation sebelum berangkat dari Kolombo agar Perdana Menteri Australia Tony Abbott mengeluhkan perlakuan negara tersebut terhadap Rhiannon dan memboikot pertemuan puncak itu.

Tetapi, Abbott mengatakan kepada radio 2GB di Sydney hari Senin (11/11) bahwa ia tidak ingin pergi ke luar negeri untuk mengkuliahi negara-negara lain.

Keputusan penyelenggaraan pertemuan puncak di Kolombo telah mendapat kecaman dari beberapa negara dan organisasi hak azasi, yang menuduh Sri Lanka gagal menanggulangi pelanggaran hak azasi yang terjadi dalam perang saudara seperempat Abad di negara itu, yang berakhir tahun 2009.
XS
SM
MD
LG