Tautan-tautan Akses

Pistorius Dijatuhi Hukuman 5 Tahun Penjara karena Bunuh Pacar


Atlet Afrika Selatan Oscar Pistorius (kanan) dibawa keluar ruang sidang di Pretoria (21/10). (AP/Themba Hadebe)

Atlet Afrika Selatan Oscar Pistorius (kanan) dibawa keluar ruang sidang di Pretoria (21/10). (AP/Themba Hadebe)

Para jaksa penuntut mengatakan Pistorius seharusnya mendapat hukuman 10 tahun penjara.

Oscar Pistorius telah dibawa dari Pengadilan Tinggi Pretoria ke sebuah penjara di dekatnya, di mana ia akan mulai menjalani masa hukuman lima tahun penjara karena menembak mati kekasihnya, Reeva Steenkamp.

Pelari Afrika Selatan terkenal itu diangkut mobil polisi Selasa (21/10), ke Penjara Kgosi Mampuru. Tim hukum Pistorius mengatakan, klien mereka kemungkinan akan menjalani 10 bulan dari masa hukumannya sebelum dipindahkan untuk menjalani tahanan rumah.

Hakim di Afrika Selatan menjatuhi atlet lari Oscar Pistorius lima tahun penjara karena menembak pacarnya, Reeva Steenkamp, sampai tewas.

Hakim Thokozile Masipa Selasa mengumumkan keputusannya di Pretoria, hampir tujuh bulan setelah sidang yang mendapat perhatian besar itu dimulai.

Para jaksa penuntut mengatakan Pistorius seharusnya mendapat hukuman 10 tahun penjara, sementara tim pembelanya mengusulkan hukuman yang pantas adalah tiga tahun tahanan rumah dan pelayanan masyarakat.

Hakim Masipa mengabaikan argumen tim pengacara pembela bahwa atlet yang kedua kakinya diamputasi itu akan menempuh banyak kesulitan dalam penjara. Masipa menambahkan dia "yakin" rumah-rumah tahanan yang ada mampu menangani para tawanan yang memiliki kebutuhan khusus.

Pistorius bulan lalu didakwa bersalah atas pembunuhan karena menembak Steenkamp melalui pintu kamar mandi yang terkunci di rumahnya pada Februari 2013.

Ia membela diri dengan mengatakan salah mengira kekasihnya itu sebagai penyusup pada malam hari.

Atlet peraih medali Olimpiade itu menghadapi tuduhan pembunuhan yang lebih serius, namun Masipa memutuskan bahwa para jaksa penuntut tidak dapat membuktikan ia sengaja menembak Steenkamp.

Hakim juga memberi Pistorius hukuman percobaan tiga tahun Selasa untuk kepemilikan senjata api, yang akan berjalan secara bersamaan dengan hukuman pembunuhan.

XS
SM
MD
LG