Tautan-tautan Akses

Pistol, Jaket Elvis akan Dilelang di Rumah Kediamannya di Graceland


Elvis Presley saat berada di sebuah pementasan tahun 1973 (Foto: dok).

Elvis Presley saat berada di sebuah pementasan tahun 1973 (Foto: dok).

Jaket Elvis Presley dari film 1964 "Viva Las Vegas" dan lebih dari 150 barang-barang lainnya milik mendiang penyanyi legendaris ini dilelang sebagai bagian dari acara "Elvis Week" di rumahnya di Graceland, Memphis.

Para peminat mengantri untuk memperoleh tiket seharga $20 (Rp 275 ribu) untuk masuk ke area penjualan di rumah di mana raja rock 'n roll itu menghembuskan napas terakhirnya, kata Jeff Marren, direktur konsinyasi lelang Graceland.

"Ini merupakan penjualan yang menarik. Saya pikir lelang ini akan berlangsung dengan sangat baik, mencakup kehidupan Elvis di layar dan di atas panggung. Dana yang dihasilkan bisa mencapai sekitar $1 juta (Rp 13,75 miliar)," kata Marren.

Salah satu yang menjadi sorotan dalam lelang yang akan berlangsung di Graceland Archives Studio adalah jaket Elvis dari adegan tarian dengan Ann-Margret dalam "Viva Las Vegas," yang diharapkan dapat terjual dengan perkiraan senilai $30.000 hingga $50.000 (Rp 412 juta-Rp 687 juta), menurut badan Lelang Graceland.

Fans dari seluruh dunia berkumpul setiap tahun untuk merayakan Presley, yang meninggal 16 Agustus 1977, di dalam kamar mandi di rumah mewahnya di Graceland, Elvis Presley Boulevard, Memphis.

Semua memorabilia dalam lelang ini telah dikonfirmasi, dan berasal dari kolektor pihak ketiga dan bukan dari koleksi Graceland, ujar para pelelang.

Rumah di mana Elvis meninggal dunia dan semua barang di dalam rumah di Graceland dimiliki oleh Lisa Marie Presley, putri Elvis dan Priscilla Presley, dan tidak untuk dijual.

Termasuk dalam barang berharga yang akan dilelang adalah pistol pribadi Elvis berjenis Walther PPK dengan ukiran nama "Elvis" dan "TCB." Para pelelang berharap barang inii dapat terjual dengan harga antara $100.000 hingga $125.000 (Rp 1,375 miliar-Rp 1,718 miliar).

Selain itu, sebuah berlian "TCB" dan kalung emas hadiah dari rekannya sesama entertainer di Las Vegas, Sammy Davis Jr., diharapkan akan dapat memberikan keuntungan antara $20.000 hingga $ 30.000 (Rp 275 juta-Rp412,5 juta), dan sebuah cincin emas burung hantu yang diperlihatkan Elvis kepada para penggemarnya dari atas panggung, diharapkan akan dapat terjual dengan harga sekitar $15.000 hingga $ 20.000 (Rp 206 juta-Rp 275 juta).

Salah satu barang dengan harga jual tertinggi, sebuah jumpsuit biru muda yang dikenakan oleh Presley pada awal tahun 1970-an dalam konser Las Vegas, ditarik dari daftar memorabilia yang dilelang, kata Marren. Ia mengatakan ini lazim terjadi dalam bisnis lelang.

XS
SM
MD
LG