Tautan-tautan Akses

Piringan Datar Mungkin Model Standar pada Sistim Planet


Planet-planet yang ditemukan di seluruh jagad raya kemungkinan berpusat dalam sebuah piringan besar (foto: ilustrasi).

Planet-planet yang ditemukan di seluruh jagad raya kemungkinan berpusat dalam sebuah piringan besar (foto: ilustrasi).

Susunan planet-planet dalam sistim tata surya kita yang berpusat dalam sebuah piringan besar adalah gambaran serupa seperti sistim planet lain yang ditemukan di jagad raya.

Tim astronomi Eropa mengatakan analisa gabungan data dari spectrograph pemburu planet HARPS dan pesawat antariksa Kepler yang mengorbit menyimpulkan bahwa susunan planet-planet dalam sistim tata surya kita yang berpusat dalam sebuah piringan besar adalah gambaran serupa seperti sistim-sistim planet lain yang ditemukan di seluruh jagad raya.

Ilmuwan dari pusat astrofisika Universitas Portugal dan Observatory of Geneva di Swiss mengatakan temuan itu juga menyatakan bahwa karena semua yang disebut exoplanets yang mereka lihat di seluruh kosmos tampak berjajar secara harmonis dalam piringan datar yang sama mengelilingi bintang-bintang utama mereka, benturan keras atau tabrakan antar planet jarang terjadi.

Para ahli perbintangan mengatakan kesesuaian data dari HARPS di bumi dan Kepler yang mengorbit juga sangat luar biasa karena walaupun pemantauan mereka mencakup wilayah antariksa yang sama setiap alat menggunakan metode yang sangat berbeda dalam mendeteksi planet-planet.

Tim riset itu mengatakan hasil-hasil ini memberi petunjuk-petunjuk berharga pada kekuatan yang mengatur pembentukan dan evolusi planet-planet di luar sistim tata surya kita.
XS
SM
MD
LG