Tautan-tautan Akses

AS

Pionir Rock Amerika Lou Reed Tutup Usia


Musisi Lou Reed di New York pada 2011.

Musisi Lou Reed di New York pada 2011.

Musisi yang mendirikan kelompok Velvet Underground itu dikenal luas sebagai penyair dan pionir aliran punk rock.

Musisi rock Amerika yang berpengaruh, Lou Reed, dikenal juga secara luas sebagai penyair dan pionir aliran punk rock, telah meninggal dunia di New York.

Agen Reed mengatakan bahwa penyanyi berusia 71 tahun tersebut, yang belakangan kurang baik kesehatannya, tutup usia Minggu (27/10) di New York City karena komplikasi setelah menjalani transplantasi hati.

Dikenal karena karakternya yang dingin di panggung dan penampilannya yang suram, Reed, pada awal karirnya bersama kelompoknya Velvet Underground, menciptakan lagu-lagu bertema gelap seperti ketagihan narkotika, seksualitas dan kekerasan. Para kritikus mengatakan bahwa terobosan yang dibuatnya menyamai ikon 1960an Bob Dylan, karena ia secara radikal memperluas tema-tema yang belum pernah dijelajahi sebelumnya pada musik pop.

Reed hanya memiliki satu hit komersial yang masuk tangga lagu Top 10 di AS, yaitu "Walk on the Wild Side" pada 1972. Lagu-lagu lainnya yang populer, terutama di kalangan penggemarnya, termasuk "Heroin", "Sweet Jane", "All Tomorrow's Parties" dan "Perfect Day."

Ia pernah tampil di Gedung Putih pada saat pemerintahan Presiden Bill Clinton. Ia juga merupakan subyek film dokumenter PBS "American Masters" dan penerima Grammy Award pada 1999.

XS
SM
MD
LG