Tautan-tautan Akses

Pimpinan IMF: Pertumbuhan Ekonomi Global Tidak Merata


Pimpinan IMF, Christine Lagarde, memberikan sambutan dalam pertemuan Klub Ekonomi di New York (10/4).

Pimpinan IMF, Christine Lagarde, memberikan sambutan dalam pertemuan Klub Ekonomi di New York (10/4).

Christine Lagarde, dalam pidatonya di New York, Rabu (10/4), mengatakan perbaikan dalam pasar keuangan belum memberi dampak dalam perbaikan ekonomi sesungguhnya.

Dana Moneter Internasional (IMF) mengatakan keadaan keuangan sedang membaik di berbagai belahan dunia, tetapi perbedaan-perbedaan antara ekonomi negara makmur dan yang menghadapi kesulitan terlihat lebih nyata daripada sebelumnya.

Christine Lagarde, dalam pidatonya hari Rabu di New York, mengatakan perbaikan dalam pasar keuangan belum memberi dampak dalam perbaikan ekonomi sesungguhnya dan dalam kehidupan masyarakat sehari-hari di beberapa kawasan.

Dalam pidatonya di Klub Ekonomi New York itu, Lagarde menggambarkan munculnya ekonomi global dengan tiga laju pertumbuhan, dimana beberapa negara, terutama di Asia Timur, maju dengan pesat. Dia menyebut Amerika Serikat, Swedia dan Swiss sebagai ekonomi yang mulai pulih, dan mengatakan Eropa dan Jepang termasuk dalam kelompok ketiga yang masih harus berjalan jauh sebelum pulih dari krisis ekonomi global.

Lagarde mengemukakan kemajuan yang cepat dan besar oleh pembuat kebijakan Amerika dalam memperbaiki ekonomi terbesar di dunia itu, dengan menunjukkan pertumbuhan mantap yang didukung oleh permintaan keuangan yang kuat. Namun Lagarde juga memperingatkan bahaya peningkatan hutang pemerintah Amerika, dan menyerukan pembuatan “peta jalur jangka-menengah” untuk menguranginya.
XS
SM
MD
LG