Tautan-tautan Akses

AS

Pimpinan BBG Ditolak Masuk ke Rusia


Pimpinan Broadcasting Board of Governors (BBG) yang juga CEO NBC Universal, Jeff Shell (foto: dok).

Pimpinan Broadcasting Board of Governors (BBG) yang juga CEO NBC Universal, Jeff Shell (foto: dok).

Pimpinan Broadcasting Board of Governors (BBG) yang juga CEO NBC Universal, Jeff Shell ditolak masuk ke Rusia dan ditahan selama beberapa jam ketika terbang ke Moskow untuk urusan bisnis.

Jeff Shell – yang mengepalai badan yang membawahi Voice of America atau VOA, Radio Free Europe RFE dan beberapa institusi lain pemerintah - ditarik keluar dari antrian imigrasi ketika tiba di Moskow hari Selasa (12/7) dan ditahan, meskipun ia memiliki visa resmi Rusia.

BBG menyatakan Shell ditahan di sebuah ruang terkunci selama beberapa jam. Ia kemudian ditemani oleh beberapa petugas keamanan Rusia untuk naik pesawat ke Amsterdam.

Menurut pernyataan BBG, Shell mengatakan kepada beberapa mitra yang bepergian bersamanya bahwa otorita keamanan bandara mengatakan larangan masuk ke Rusia itu merupakan status permanen dan merupakan “larangan seumur hidup”.

Belum ada penjelasan yang diberikan kepada Shell atas penahanan itu, tambah BBG, dan beberapa pejabat BBG hari Rabu (13/7) bertemu dengan Duta Besar Amerika di Rusia John Tefft untuk membahas insiden tersebut.

Insiden hari Selasa terjadi di tengah meningkatnya ketegangan diplomatik antara Amerika dan Rusia.

Departemen Luar Negeri Amerika pekan lalu mengumumkan dua diplomat Rusia diusir dari Amerika Juni lalu sebagai tanggapan terhadap insiden awal bulan Juni dimana seorang polisi Rusia menyerang diplomat Amerika di luar Kedutaan Besar Amerika di Moskow. [em]

XS
SM
MD
LG