Tautan-tautan Akses

AS

Pimpinan NSA Kembali Menghadap Kongres AS Hari Ini


Jenderal Keith Alexander, Pimpinan Badan Keamanan Nasional Amerika (NSA) dijadwalkan kembali menghadap kongres hari ini, 13 Juni 2013 (Foto: dok).

Jenderal Keith Alexander, Pimpinan Badan Keamanan Nasional Amerika (NSA) dijadwalkan kembali menghadap kongres hari ini, 13 Juni 2013 (Foto: dok).

Pimpinan Badan Keamanan Nasional Amerika (NSA), hari ini akan kembali memberi keterangan di hadapan komisi Kongres terkait program pengintaian warga Amerika.

Jenderal Keith Alexander akan menghadapi pertanyaan-pertanyaan dari para anggota Komisi Intelijen DPR mengenai terungkapnyakegiatan pemantauan telepon dan Internet oleh NSA baru-baru ini. Direktur FBI Robert Mueller juga kemungkinan akan menghadapi pertanyaan ketika ia tampil di hadapan komisi Kehakiman DPR.

Dalam keterangannya di hadapan komisi Alokasi Anggaran Senat Amerika hari Rabu (12/6), Direktur Badan Keamanan Nasional Amerika (NSA) Jenderal Keith Alexander mengatakan badan yang dipimpinnya sedang menyelidiki bagaimana Edward Snowden mendapat izin yang memungkinkannya melihat informasi tentang pemantauan NSA atas hubungan komunikasi telepon dan pesan-pesan yang dikirim melalui Internet. Edward Snowden, putus sekolah di perguruan tinggi dan bekerja di beberapa tempat sebagai karyawan tingkat rendah.

Alexander membela program pengintaian NSA dengan mengatakan program itu telah menghentikan puluhan kegiatan teroris di Amerika Serikat dan di negara-negara lain dalam beberapa tahun ini.

Direktur NSA tersebut memberikan keterangan setelah Edward Snowden (29 tahun) yang sedang berada di tempat yang tidak diungkapkan di Hong Kong, mengungkapkan rencananya kepada harian South China Morning Post untuk tinggal di wilayah China dan melawan setiap upaya Amerika untuk mengekstradisinya dan menghadapi kemungkinan dakwaan pidana.
XS
SM
MD
LG