Tautan-tautan Akses

Pihak Berwenang Tewaskan 5 Militan di Bali


Petugas kepolisian mengawal peti jenasah tersangka teroris yang tertembak mati ke rumah sakit di Denpasar, Bali (19/3).

Petugas kepolisian mengawal peti jenasah tersangka teroris yang tertembak mati ke rumah sakit di Denpasar, Bali (19/3).

Pihak berwenang Indonesia mengatakan polisi di pulau wisata Bali menewaskan para tersangka militan yang berencana melakukan serangan, antara lain, perampokan terhadap sasaran di seluruh pulau itu.

Pihak berwenang mengatakan lima tersangka tewas Minggu malam dalam aksi tembak-menembak dengan polisi. Mereka menyebut tempat-tempat itu sebagai sasaran khas teroris dan mengatakan polisi menyita dua senjata api dan puluhan peluru.

Laporan media mengatakan para anggota Densus 88 pasukan elit kontra-terorisme terlibat dalam operasi itu.

Lima orang tersebut diyakini memiliki hubungan dengan kelompok tersangka teroris yang dituduh terlibat dalam pembunuhan seorang polisi dalam perampokan bank di Medan, provinsi Sumatera Utara, tahun 2010. Kelompok ini dilaporkan berusaha mengumpulkan dana untuk mendanai kegiatannya.

Pembunuhan itu terjadi setelah dimulainya peradilan bulan lalu Umar Patek, seorang militan Islam yang dicurigai membuat bom yang digunakan dalam serangan Bali tahun 2002 yang menewaskan lebih dari 200 orang, banyak dari mereka wisatawan warga Australia.

Patek didakwa melakukan pembunuhan terencana dan beberapa pasal tuduhan lain, termasuk pembuatan bom dan kepemilikan gelap senjata api. Ia juga menghadapi tuduhan serupa atas peranannya dalam serangan maut terhadap gereja-gereja Kristen di Jakarta pada malam menjelang Natal tahun 2000.

XS
SM
MD
LG