Tautan-tautan Akses

Pihak berwenang India Relokasi Desa Untuk Lindungi Harimau


Raja, harimau Bengali berusia delapan tahun, diselamatkan di Bari Kahayar, Suaka Margasatwa Jaldapara, India, Februari 2010. (Foto: dok)

Raja, harimau Bengali berusia delapan tahun, diselamatkan di Bari Kahayar, Suaka Margasatwa Jaldapara, India, Februari 2010. (Foto: dok)

Pihak berwenang di negarabagian Rajasthan, India utara merelokasi sebuah desa yang terletak di ditengah-tengah taman margasatwa harimau untuk melindungi habitat hewan harimau.

Langkah ini bertujuan memperbanyak populasi harimau di taman perlindungan margasatwa Sariska dimana kalangan korservasi, dengan sangat kecewa tidak menemukan seekor-pun harimau tahun 2005.

Ke-82 keluarga di desa Umri meninggalkan rumah-rumah mereka dalam sepekan ini. Mereka memperoleh sebidang tanah atau kompensasi keuangan sebesar 19.000 dolar. Desa Umri adalah salah satu dari kurang lebih 20 desa yang akan direlokasikan karena terletak di dalam atau di dekat taman perlindungan margasatwa itu.

Kepala penjaga taman margasatwa Rajasthan, AC Chaubey mengatakan relokasi itu bukan tugas yang mudah, tapi manfaatnya bagi harimau ini sangat besar. Sensus tahun lalu menunjukkan jumlah harimau di India meningkat dari 1.400 ekor lima tahun lalu menjadi 1.700 ekor.

India merupakan tempat tinggal bagi hampir 50 persen populasi harimau di dunia, yang telah menurun drastis dari sekitar 100.000 ekor pada akhir abad ke-20 menjadi kurang dari 3.500 ekor saat ini.

Para pakar mengatakan kelangsungan hidup harimau di India akan menentukan masa depan hewan itu.

XS
SM
MD
LG