Tautan-tautan Akses

Pihak Berwenang Belgia Buru Tersangka Pelaku Serangan Bom di Brussels


Tentara Belgia melakukan patroli di the Grand Place, Brussels menyusul serangan bom di ibukota negara itu (24/3).

Tentara Belgia melakukan patroli di the Grand Place, Brussels menyusul serangan bom di ibukota negara itu (24/3).

Para pejabat intelijen mengatakan Laachraoui yang berusia 25 tahun adalah pembuat bom bagi ISIS yang juga terlibat dalam serangan teroris November lalu di Paris.

Pihak berwenang di Brussels kini sedang memburu tersangka lainnya yang terkait serangan maut hari Selasa di bandara Brussels dan sebuah stasiun kereta bawah tanah di dekat markas besar Uni Eropa.

Tersangka ini terlihat dalam video pengintaian sedang membawa tas besar sewaktu berdiri di dekat Khalid el-Bakraoui, pelaku serangan bom bunuh diri yang melancarkan serangan terhadap kereta bawah tanah di stasiun Maelbeek.

Polisi masih mencari orang ketiga yang terlihat dalam video sedang berjalan menuju bandara dengan saudara Khalid el-Bakraoui, Ibrahim, dan Najim Laachraoui, keduanya melancarkan serangan bunuh diri di terminal keberangkatan di bandara Zaventem.

Para pejabat intelijen mengatakan Laachraoui yang berusia 25 tahun adalah pembuat bom bagi ISIS yang juga terlibat dalam serangan teroris November lalu di Paris. DNA-nya ditemukan di sebuah apartemen di Brussels pada ahri Selasa, yang diyakini pihak berwenang sebagai tempat membuat bom-bom itu.

Orang yang diidentifikasi sebagai tersangka utama dalam serangan di Paris, Salah Abdeslam, ditangkap hari Jumat dalam suatu penggerebekan di Brussels. Pengacara Abdeslam mengatakan kliennya tidak akan menolak diekstradisi ke Perancis, di mana ia kemungkinan akan menghadapi dakwaan terorisme.

Stasiun penyiaran Belgia RTBF melaporkan sidik jari Abdeslam ditemukan di apartemen yang disewa Khalid el-Bakraoui dalam penggerebekan oleh polisi Perancis dan Belgia pekan lalu, terkait serangan di Paris.

Menteri-menteri Kehakiman dan Dalam Negeri dari seluruh negara anggota Uni Eropa akan mengadakan pertemuan darurat di Brussel hari Kamis untuk membahas tanggapan terhadap serangan teroris, yang menewaskan sedikitnya 31 orang, 11 orang di bandara, 20 di stasiun Maelbeek dan melukai 300 lainnya. Sedikitnya 60 orang yang luka-luka dirawat di unit perawatan intensif. [uh/lt]

XS
SM
MD
LG