Tautan-tautan Akses

AS

Pihak Berwajib AS Kepung Bangunan Cagar Alam di Oregon


Pintus masuk di cagar alam Malheur dekat kota Burns, negara bagian Oregon (foto: dok).

Pintus masuk di cagar alam Malheur dekat kota Burns, negara bagian Oregon (foto: dok).

Sehari sebelumnya, Selasa (27/1) terjadi konfrontasi dengan pemrotes yang telah menduduki cagar alam Malheur di Oregon selama hampir satu bulan.

Penegak hukum mengepung bangunan cagar alam nasional Malheur hari Rabu (28/1), sehari setelah terjadi konfrontasi yang disertai kekerasan dengan pemrotes yang telah menduduki cagar alam itu di negara bagian Oregon selama hampir satu bulan.

Penegak hukum menewaskan satu pemrotes dan menangkap delapan lainnya yang menuntut kendali atas lahan federal dikembalikan kepada pejabat lokal.

Sheriff Harney County, David Ward mengatakan kepada reporter, dia kecewa konfrontasi ini berakhir dengan buruk, disertai baku tembak. “Seharusnya ini tidak terjadi.”

Ward dan penguasa lain bertekad untuk mengakhiri pendudukan ini secara damai, di mana menurut salah satu pemimpin demonstrasi ini masih ada lima atau enam orang di dalam bangunan cagar alam itu.

Pemimpin protes itu, Ammon Bundy, dan beberapa pengikutnya sedang menuju sebuah pertemuan masyarakat, agak jauh dari cagar alam itu Selasa, ketika penembakan berlangsung. Polisi menghentikan kendaraan mereka di sebuah cekpoin. Bundy salah satu yang ditangkap, dan seorang peternak dari Arizona, Robert Finicum, tewas dalam konfrontasi itu.

Penguasa mengatakan, mereka yang ditangkap akan dikenakan tuntutan karena berkomplot untuk menghambat penguasa federal melaksanakan tugas-tugas mereka lewat penggunaan kekuatan, intimidasi, serta ancaman. [ps/jm]

XS
SM
MD
LG